Selasa, 16 Juli 2013

Artikel tentang internet

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang internet, tetapi sebelum kita belajar tentang internet, ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar ilmu yang kita pelajari ini bermanfaat dan berguna bagi anda.


       Internet adalah kumpulan dari berbagai komputer dari berbagai belahan bumi yang dihubungkan satu sama lain. Dalam kegunaannya internet berfungsi untuk melakukan perdagangan (e-commerce), mempromosikan usaha, mempromosikan diri sendiri, mengirim surat kepada orang lain ke berbagai belahan bumi dengan e-mail, berkomunikasi teks atau berkomunikasi suara dengan orang lain dari berbagai belahan bumi (chatting), kontak jodoh (dengan menggunakan photo).




       Selain itu internet juga dapat digunakan untuk melihat preview film, melihat data-data artis, bermain game secara online, men-download musik-musik MP3, mendownload software, anti virus, game dan lain-lain. Dan internet juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan yang disebut dengan istilah Internet Banking, dan lain-lain.


Peralatan yang digunakan untuk internet
Agar anda dapat menggunakan Internet, maka peralatan-peralatan yang anda butuhkan adalah sebagai berikut:


  • PROSESSOR
Komputer dengan prosessor Pentium 233 MHz (minimum). Agar akses Internet lebih cepat, gunakan Pentium III, Pentium IV atau sejenisnya.
  • RAM
RAM dengan kapasitas 32 MB, lebih tinggi lebih baik, misalnya 64 MB, 128 MB, 256 MB dan seterusnya. Semakin tinggi RAM yang digunakan, maka akses Internet anda akan semakin cepat.
  • HARD DISK
Hard disk dengan kapasitas 5 GB, lebih tinggi lebih baik, misalnya 10 GB, 20 GB dan seterusnya.
  • VGA CARD (ADAPTOR MONITOR)
VGA Card dengan kapasitas 8 MB, lebih tinggi lebih baik, misalnya 32 MB, 64 MB dan seterusnya. VGA Card berfungsi untuk tampilan gambar ke layar. Harap diperhatikan, selain kapasitas yang berbeda-beda, kualitas VGA Card juga berbeda-beda.
  • DRIVE CD-ROM
Agar anda dapat meng-install OS seperti contohnya Windows XP dll, maka komputer anda harus dilengkapi dengan Drive CD-ROM ini.
  • KEYBOARD dan MOUSE
  • SOUND CARD dan SPEAKER (untuk tambahan saja)
  • MPEG CARD
diperlukan untuk windows agar dapat memutar film
- MODEM
- SISTEM OPERASI
- ISP


MODEM
modem adalah singkatan dari Modulation Demodulation
modem memiliki dua tipe, yaitu modem internal dan modem external.
Modem Internal adalah modem yang ditancapkan di dalam CPU komputer (berupa card). Sedangkan modem external adalah modem yang letaknya diluar komputer (biasanya ditancapkan di Port USB).

BROWSER
browser adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengakses internet. Setelah komputer terhubung ke ISP, langkah selanjutnya adalah menjalankan browser untuk mengakses internet. contoh browser adalah Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

E-MAIL
E-mail (electronic mail) adalah suatu fasilitas dalam internet untuk surat-menyurat. Agar anda dapat mengirim e-mail, maka anda harus memiliki e-mail terlebih dahulu. Untuk membuat e-mail, anda dapat menggunakan Gmail, Yahoo, Telkom.Net, PlasaCom, Hotmail, Lycos dan lain-lain. E-mail juga dapat digunakan untuk mengirim file dan gambar.

VOICEMAIL
voicemail adalah surat-menyurat dengan e-mail dalam bentuk suara.

CHATTING
chatting adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai internet yang sedang dalam keadaan on-line (sama-sama menggunakan internet). Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice). Selain menggunakan perangkat lunak mIRC, anda juga dapat melakukan chatting dengan Yahoo! Messenger.


SUMBER  :  http://berbagi2-ilmu.blogspot.com/2012/12/artikel-tentang-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar