Sabtu, 13 Juli 2013

Artikel tentang blog

1.  Apa Itu Blog?
Weblog merupakan bentuk perkembangan dari website pribadi atau homepage. Secara umum, pengertian weblog adalah suatu situs yang biasanya dikelola oleh satu orang secara individual, seringkali terfokus pada suatu subjek atau topik tertentu, baik berita, catatan harian, kumpulan link, daftar komentar atau hasil pikiran yang update secara teratur dengan susunan posting terbaru berada paling atas diikuti posting-posting sebelumnya sesuai dengan urutan kronologi waktu, dan  mempunyai frekuensi kunjungan oleh orang lain yang tinggi.
Istilah “weblog” tersebut pertama kali dikemukakan oleh Jorn Barger dalam websitenya—Robot Wisdom—pada bulan Desember 1997 yang digunakan untuk menyebut suatu jenis website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain disertai dengan komentar-komentar. Peter Merholz dalam websitenya—www.peterme.com, pada awal 1999 telah menggunakan kata “wee’ blog” atau dipendekkan menjadi “blog”  untuk menghindari kerancuan dengan kata ”web log”, yaitu istilah yang biasa digunakan untuk menyebut suatu file yang merekam informasi tentang pengunjung suatu website pada suatu server. Pada Maret 2003, Kamus Bahasa Inggris Oxford telah memasukkan kata weblog atau blog tersebut sebagai kosakata baru, dan dikategorikan sebagai kata benda. Begitu pula blogger, yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut editor atau orang yang memiliki suatu weblog. Sedangkan blogging merupakan kata kerja dari weblog yang dimaknai sebagai kegiatan memiliki dan mengelola suatu weblog.
Secara umum, weblog berisi catatan pribadi pemiliknya tentang topik-topik yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan, kegiatan kesehariannya, apa tanggapannya pada suatu isu maupun hubungannya dengan orang-orang disekitarnya. Selain itu, banyak juga weblog yang berisi informasi penting dan bermanfaat, misalnya tip dan trik, artikel-artikel, hasil penelitian, materi kuliah, dll. Karena itu weblog bersifat sangat personal. Weblog merupakan salah satu cara mudah untuk bisa mengenal kepribadian individu di dunia maya.
Masing-masing blogger bisa melakukan personalisasi terhadap weblognya sesuai dengan yang diinginkannya. Terlebih lagi, penyedia layanan weblog, seperti blogger dan blogdrive misalnya, tidak memberikan batasan atau larangan apapun terhadap bentuk isi dan format weblog. Interface suatu weblog yang dapat diakses dari browser manapun—baik internet explorer, opera, mozilla dan sebagainya—biasanya berupa halaman web kosong yang dapat ditambahi dengan form-form dan berbagai fasilitas sebagian yang sudah disediakan. Pada halaman kosong tersebut, blogger bisa menuliskan apapun dan pada waktu kapanpun. Selanjutnya, hanya dengan satu klik saja, hal yang tertulis tersebut dapat dipublikasikan secara terbuka.
Faktor kemudahan tersebut juga yang menjadi pemicu merebaknya trend blogging di internet. Weblog memberikan kesenangan bagi blogger untuk mengemukakan pikirannya tanpa kekhawatiran terhadap respon dari orang lain.
2.    Bagaimana Cara Membuat Blog di WordPress?
Sebelum anda membuat blog, terlebih dahulu anda di wajibkan memiliki alamat Email, bagi anda yang belum memiliki alamat Email bisa Daftar di  www.yahoo.comwww.plasa.comwww.Telkom netwww.gmail, anda bisa membuat Email secara gratis disana.
Dan bagi anda yang sudah memiliki Email, anda bisa langsung membuat Blog dengan cara mendafar ke http://id.wordpress.com/,  anda membutuhkan panduan? silahkan klik disini…. saya akan memberikan panduan bagaimana cara membuat sebuah Blog dan untuk mempermudah proses pembuatan blog saya juga menyertakan gambar berikut langkah – langkah apa saja yang harus dlakukan.
3.   Manfaat Blog Bagi Pelajar
  • mampu meningkatkan pemerataan pendidikan;
  • mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah atau putus sekolah;
  • meningkatkan prestasi belajar;
  • meningkatkan kehadiran siswa di kelas,
  • meningkatkan rasa percaya diri;
  • meningkatkan wawasan (outward looking
  • mengatasi kekurangan tenaga pendidikan; serta
  • meningkatkan efisiensi.
Artikel Terkait:
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar